Homestay adalah rumah yang disewakan kepada orang lain dalam jangka waktu pendek. Biasanya homestay disewa oleh wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Homesta ini juga memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Inilah salah satu nilai penambah dari homestay.

Selain itu homestay bisa dihuni oleh satu keluarga sekaligus. Dan juga harga homestay lebih terjangkau dibandingkan sewa hotel,terutama jika pada musim liburan. Karena biasanya pada waktu peak season (waktu padat) harga sewa hotel akan naik daripada hari biasanya.

Jogjakarta adalah salah satu kota tujuan wisata yang menjadi pilihan banyak orang. Selain menawarkan keindahan alamnya, yogkarta juga menawarkan wisata budaya yang cukup beragam. Keindahan pantai – pantai di wilayah yogyakarta menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Hal ini disebabkan banyaknya pantai – pantai baru di Wilayah Yogyakarta yang sedang dibuka dan dikembangkan. Hal tersebut bisa dilihat dari semakin bertambahnya jumlah pantai yang bisa dikunjungi wisatawan terutama di daerag Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan semakin beraneka ragamnya tempat wisata yang ada di wilayah Yogyakarta, hal tersebut bisa menarik peningkatan jumlah wisatawan yang datang. Peningkatan jumlah wisatawan tentu harus di imbangin dengan jumlah peningkatan tempat menginap untuk wisatawan. Maka kebutuhan akan hotel atau pun penginapan lain seperti homestay menjadi kebutuhan sendiri.

Ada fenomena menarik berkaitan dengan pola menginap wisatawan yang datang ke wilayah Yogyakarta. Meskipun kunjungan terbanyak adalah ke wilayah pantai – pantai yang ada di daerah Gunung Kidul, tetapi wisatawan tetap memilih menginap di wilayah sekitaran pusat Kota Yogyakarta terutama di Kawasan Malioboro. Hal ini dikarenakan kawasan Malioboro mempunyai magnet wisata budaya dan kuliner yang cukup kuat.

Hotel – hotel di kawasan Malioboro pada saat liburan biasanya sudah penuh. Alternatif lain yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan adalah homestay yang ada di sekitaran wilayah Malioboro. Hal ini menyebabkan peluang usaha homestay masih cukup bagus, terutama untuk kawasan di radius 5 km dari Malioboro. Usaha homestay ini bisa menjadi pilihan investasi, terutama sebagai pasif income.

 

 

Post Comment