Kayu adalah salah satu bahan material yang umum di pakai sebagai kusen rumah. Hal ini dikarenakan materail kayu mudah didapat dan harganya murah. Memang tidak semua kayu bisa digunakan sebagai bahan kusen rumah. Hanya kayu keras saja yang bisa digunakan sebagai kusen rumah. Kayu yang bisa diguakan untuk kusen antara lain : kayu jati, kayu bangkirai, kayu kruing, kaya kamper, kayu merbau, kayu glugu ( kayu pohon kelapa) dan kayu nangka. Jika tidak menggunakan kayu keras maka kusen kayu tidak akan awet. Dan jika ingin menggunakan material kayu harus diperhatikan adalah umur kayu dan warna serat kayu. Karena jika umur kayu masih muda maka kayu juga belum terlalu keras dan menyebabkan kayu jadi tidak awet.

Seiring berjalannya waktu penggunaan kayu sebagai kusen semakin berkurang. Hal ini dikarenakan sudah berkurangnya aktivitas penebangan hutan. Karena penebangan hutan yang masif dapat menyebabkan pemanasan global. Selain itu juga harga kayu yang semakin mahal karena sedikitnya persediaan kayu. Dan kualitas kayu yang tersedia di pasaran sudah menurun, hal ini disebabkan oleh penggunaan kayu yang masih muda.

Salah satu bahan material lain selain kayu yang sering digunakan untuk kusen adalah alumunium. Kecenderungan penggunaan kusen alumunium adalah untuk perkantoran , ruko , apartemen, mall dll. Namun seiring perkembangan zaman sekarang ini, sudah banyak rumah tinggal  yang menggunakan kusen alumunium. Hal ini terjadi terutama di wilayah perumahan perkotaan.

Sebagai bahan material kusen alumunium mempunyai beberapa kekurangan.

Kekurangan material kusen alumunium antara lain :

  1. Kusen alumunium tidak bisa dibentuk dengan berbagai variasi. Kusen alumunium lebih cenderung ke konsep rumah tinggal minimalis. Dimana bentuk kusen rumah tinggal cenderung ke kotak dan lurus. Kusen alumunium tidak bisa di bentuk lengkung sebagimana kayu.
  2. Pemasangan kusen aluminum harus presisi dan rapat. Pemasangan kusen alumunium menggunakan baut. Sehingga jika baut tidak kuat akan menyebabkan adanya rongga. Selain itu kondisi acian dinding harus flat. Jika kondisi baut tidak kuat dan acian dinding tidak flat maka akan ada rongga yang menyebabkan air bisa masuk

Adapun kelebihan penggunaan kusen alumunium antara lain :

  1. Kusen alumunium merupakan bahan anti karat dan keropos.
  2. Pemasangan kusen alumunium lebih cepat dibandingkan kusen kayu.
  3. Warna kusen bisa bervariasi

Post Comment