Memiliki rumah yang nyaman dan indah adalah impian dari semua orang. Karena dengan rumah yang nyaman maka ketentraman dan kebahagian hidup akan tercapai. Satu aspek yang menjadi bagian kenyamanan dan keindahan rumah adalah desain eksterior dan interior rumah yang baik. Dengan desain yang baik maka faktor kebutuhan ruang dan konsep fungsi ruang bisa sesuai dengan kebutuhan. Salah satu cara untuk mendapatakan desain eksterior dan interior yang sesuai kebutuhan anda bisa menggunakan penyedia jasa desain eksterior dan interior yang amanah dan profesional.

Aspek penting lain setelah desain eksterior dan interior yang baik adalah memilih jasa kontraktor untuk mewujudkan desain rumah ke bentuk fisik rumahnya. Tentu untuk memilih jasa kontraktor yang baik bukanlah perkara yang mudah. Karena sekarang ini penyedia jasa kontraktor begitu banyak ada dimana – mana. Akan tetapi belum tentu dari sekian banyak kontraktor yang ada adalah kontraktor yang kita kenal dan memiliki track record yang baik.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mendapatkan kontraktor yang baik :

  1. Jangan terburu –  buru

Membangun rumah adalah proses membangun tempat yang akan kita tempati dalam waktu yang lama. Sehingga aspek kehati – hatian sangat diperlukan. Sehingga kita harus mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang cara membangun rumah. Dan kalau diperlukan kita mengumpulkan informasi dari beberapa kontraktor yang ada. Sehingga kita mempunyai informasi yang cukup sebelum menandatangi kontrak dengan kontraktor.

2. Portofolio

Salah satu aspek yang penting diperhatikan ketika memilih kontraktor adalah portofolio atau hasil karya yang pernah di kerjakan. Anda bisa meminta langsung ke kontraktor untuk memperlihatkan secara langsung hasil kerja mereka. Dengan cara melihat secara langsung hasil pekerjaan dengan desain gambar rumah tersebut. Hal ini penting karena harus ada kesesuian antara desain dan pekerjaan lapangan.

3.  Masukan pihak ke tiga

Anda bisa melakukan sedikit penyelidikan dengan cara bertanya kepada pihak yang pernah menjadi konsumen kontraktor tersebut. Karena informasi dari pihak ke tiga ini biasanya lebih objektif untuk menilai.

4. Negosiasi Harga dan Spek Material

Harga dan spek material yang akan digunakan untuk membangun rumah harus sudah disepakati di awal sebelum membangun rumah. Hal ini penting, karena jangan sampai timbul perbedaan persepsi antara anda dengan kontraktor. Perbedaan persepsi ini biasanya yang menjadikan proses pembangunan rumah jadi terhambat.

5. Garansi rumah

Carilah kontraktor yang mau memberi garansi pekerjaannya. Untuk lama garansi tergantung kesepakatan bersama anda dengan kontraktor. Tapi waktu garansi minimal yang bisa anda minta adalah 3 bulan.

Demikian beberapa tips dalam mencari kontraktor.

Semoga bermanfaat

 

 

 

Post Comment