Seringkali kita merasa bosan dengan nuansa dinding yang monoton. Untuk merubah suasana ruangan salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memasang wallpaper. Wallpaper adalah salah satu jenis dekorasi dinding yang bahannay terbuat dari kertas vinyl. Wallpaper ini mempunyai berbagai macam motif yang bisa disesuaikan dengan ruangan dan selera anda. Kualitas kertas wallpaper cukup baik sehingga tidak cepat pudar dalam jangka waktu lama. Wallpaper cocok di dinding sebagai pengganti cat karena tidak berbau, cepat pemasangannya dan mempunyai tema yang bisa disesuaikan dengan ruangan. Ruangan rumah yang biasa nya menggunakan wallpaper adalah ruang tamu, ruang keluarga dan ruang tidur. Wallpaper ini bisa memberi rasa nyaman dan kesan elegan pada suatu ruangan.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memasang wallpaper, antara lain :
1. Cek kondisi dinding
Kondisi dinding yang akan di pasang wallpaper harus dalam kondisi sehat. Dalam arti dinding tersebut harus bebas dari lembab dan jamur. Jika masih ada lembab pada dinding maka tambahkan cat tahan air (aquaproof) pada dinding agar lembab tidak menjalar ke wallpaper. Begitu juga jika ada jamur dinding harus dihilangkan dulu. Beri cat anti jamur pada dinding, agar jamur tidak menyebar ke wallpaper. Jika ingin hasil pelekatan yang kuat antara dinding dengan wallpaper, dinding bisa diberi cat dasar terlabih dahulu.
2. Persiapkan alat
Alat yang biasa digunakan untuk memsang wallpaper antara lain ; meteran, bak untuk tempat lem wallpaper, benang dengan pemberat untuk mengukur kelurusan wallpaper, spon,dan kuas lem.
3. Siapkan wallpaper dan lem
Siapkan wallpaper yang akan dipasang dengan jumlah yang cukup untuk menutup dinding yang akan diberi wallpaper. Lakukanlah pengukuran secara akurat terhadap dinding sebelum akan di pasang wallpaper. Sehingga wallpaper yang di beli mencukupi untuk menutupi dinding yang akan dipasang wallpaper.
Siapkan lem wallpaper dengan mengunakan bak lem. Tuangkan air secukupnya dan tambahkan bubuk lem, aduk hingga terasa berat lalu diankan selama sekitar 10 menit
4. Pemasangan wallpaper
Setelah semua siap ratakanlah lem pada dinding yang akan dipasang wallpaper. Lalu tempelkan wallpaper pada bagian yang sudah di lem. Yang harus diperhatikan ketika memasang wallpaper adah kerataan dan sambungan wallpaper. Setelah terpasang cek lah sambungan wallpaper dan bersihkan sisa lem yang masih ada.

Post Comment