Keramik adalah pilihan yang paling cocok untuk rumah – rumah masa kini. Selain tahan lama pemasangannya pun sangat mudah. Saat ini begitu banyak pilihan jenis dan kualitas keramik yang dapat digunakan. Selain itu motif dan corak keramik pun sangat banyak, sehingga bisa mempercantik lantai rumah anda. Harga keramik sekarang ini pun cukup terjangkau.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih keramik lantai adalah sebagai berikut :

  1. Hitung jumlah kebutuhan keramik dengan akurat. Menghitung kebutuhan keramik bisa dilakukan dengan menghitung luasan lantai yang akan di keramik. Konversikan dengan luasan keramik per dus. Satuan keramik pada umumnya adalah menggunakan dus. Satu dus keramik bisasanya berisi kurang lebih 1 m2. Untuk luasan pasti satu dus anda bisa lihat di dus bagian luar keramik. Disana tertera jumlah luasan keramik dalam satu dus. Bagilah luasan lantai yang akan dikeramik dengan luasan keramik dalam satu dus, maka akan diketahui jumlah kebutuhan dus keramik. Tambahkan 2% dus keramik untuk cadangan jika ada keramik yang rusak.
  2. Pilihlah keramik sesuai dengan penempatan ruangnya. Ada perbedaan penggunaan keramik untuk lantai basah dan lantai kering. Untuk lantai kering kita bisa menggunakan keramik yang memiliki permukaan licin. Sedangkan untuk lantai basah kita menggunakan keramik dengan permukaan kasar. Contoh ruangan lantai kering antara lain ; kamar tidur, ruang tamu, dan ruang keluarga. Contoh ruangan lanatai basah adalah kamar mandi dan tempat cuci.

Setelah keramik siap dipasang ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :

  1. Pemasangan keramik dilakukan di akhir pekerjaan rumah sudah mau selesai. Tujuannya agar mengurangi resiko kerusakan pada keramik akibat pekerjaan lain. Resiko yang sering terjadi pada keramik antara lain tergores, retak, dan kotor.
  2. Permukaan pada lantai yang mau dipasangi keramik harus sudah padat,rata dan bersih.
  3. Tentukan jalur pemasangan keramik dengan pembertimbangkan siku bangunan. Pakailah alat bantu berupa benang untuk menentukan siku dan kerataan keramik.
  4. Basahi keramik sebelum dipasang agar tidak menyerap air terlalu banyak. Penyerapan air terlalu banyak oleh keramik berakibat kualitas campurasn spesi perekat keramik akan berkurang kualitasnya.
  5. Buatlah adukan spesi dengan perbandingan semen dan pasir yang telah ditentukan. Adukan spesi untuk keramik biasanya antara 1pc:4ps atau 1pc:6ps.
  6. Lebar nat keramik berkisar antara 4 – 5 mm. Isilah nat keramik dengan pengisi nat yang disarankan
  7. Selalu bersihkan keramik jika ada ceceran spesi.

Post Comment