Pondasi footplat disebut juga pondasi telapak atau bisa disebut juga pondasi setempat. Di masyarakat pondasi footplat ini sering disebut pondasi cakar ayam. Padahal pondasi footplat dan pondasi cakar ayam mempunyai bentuk yang berbeda. Pondasi ini digunakan untuk bangunan berlantai 2 – 4. Pondasi footplat terdiri dari tulangan besi dan cor beton. Kedalaman pondasi footplat ditentukan oleh daya dukung tanah dan berat bangunan.

Beton adalah campuran antara bahan pengikat (semen) dengan bahan tambahan yaitu pasir dan split. Bahan tersebut dicampur dengan menambahkan air. Perbandingan campuran beton pada umumnya adalah 1Pc:2Ps:3Kr. Perbandingan campuran beton bisa menggunakan dua metode yaitu perbandingan berat atau perbandingan volume. Campuran beton ini berfungsi untuk menahan daya tekan. Sedangkan untuk menahan daya tarik menggunakan besi beton.

Luas bidang pelat beton sebagai telapak kaki pondasi biasanya berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang. Telapak kaki yang berbentuk bujur sangkar biasanya terletak di bawah kolombangunan bagian tengah. Sedangkan yang berbentuk empat persegi panjang ditempatkan pada bawah kolom bangunan tepi atau samping agar lebih stabil. Luas telapak kaki pondasi tergantung pada beban bangunan yang diterima dan daya dukung tanah yang diperkenankan, sehingga apabila daya dukung tanahnya makin besar, maka luas pelat kakinya dapat dibuat lebih kecil.

Beban dari berat struktur lantai dasar ditambah dengan berat struktur lantai diatas yang kesemuanya akan bertumpu pada titik-titik simpul pondasi yang selanjutnya disalurkan kedalam tanah dibawahnya. Untuk menentukan kedalaman pondasi footplat dilakukan uji sondir atau soil test. Untuk melakukan tes sondir dibutuhkan alah khusus dan tenaga ahli khusus juga. Hak tersebut seringkali menjadi masalah ketika kita membangun rumah tinggal. Tapi ada satu prinsip dasar pada pondasi, yaitu pondasi harus berada di tanah keras. Sehingga jika tidak dilakukan uji sondir maka kedalaman pondasi ditentukan dengan posisi tanah keras pada lahan tersebut. Penulangan besi beton pada footplat identik dengan penulangan plat lantai beton. Tebal tapak pondasi footplat disesuaikan dengan berat beban yang akan diterimanya.

 

Post Comment