Pondasi adalah bagian penting dari sebuah konstruksi bangunan rumah tinggal. Pondasi mempunyai fungsi untuk menyalurkan beban bangunan baik beban hidup ataupun beban mati ke tanah. Bangunan rumah tinggal adalah bangunan yang diharapkan mempunyai umur yang panjang. Karena keberadaan rumah tinggal akan ditempati dalam jangka waktu yang lama oleh penghuninya. Oleh karena itu pemilihan pondasi yang tepat untuk sebuah bangunan rumah tinggal merupakan satu hal yang harus diperhatikan.

Bentuk pondasi ditentukan oleh bentuk bangunan dan keadaan tanah sekitar bangunan. Bentuk dan fungsi bangunan menentukan berat beban yang harus ditanggung oleh pondasi yang harus disalurkan ke dalam tanah. Keadaan tanah menentukan kedalaman pondasi yang harus dibuat. Karena pondasi harus berada di tanah paling keras, sehingga jika belum menemukan tanah keras harus dilakukan penggalian tanah. Tapi tentunya penggalian kedalam tanah ini juga tergantung beban bangunan yang ada diatasnya.

Secara umum pondasi dibagi menjadi dua, yaitu :

  1. Pondasi Dalam

Pondasi ini biasanya digunakan untuk bangunan yang mempunyai beban yang cukup besar dan berantai banyak. Pondasi dalam ini biasanya dipakai untuk bangunan seperti hotel, apartemen, tower, rumah sakit, jembatan bentang lebar dll. Yang termasuk contoh pondasi dalam adalah pondasi tiang pancang dan bor pile.

  1. Pondasi Dangkal

Pondasi ini biasanya digunakan untuk bangunan yang mempunyai berat yang tidak cukup besar dan memiliki lantai yang sedikit sekitar 2 – 3 lantai saja. Pondasi ini biasanya digunakan untuk bangunan seperti rumah tinggal, ruko, kos – kosan dan bangunan kecil lainnya dimana jumlah lantai maksimal 3 lantai. Contoh pondasi dangkal antara lain pondasi roolag, pondasi umpak, pondasi footplat, dan pondasi cakar ayam.

 

Pondasi yang umum digunakan untuk bangunan rumah tinggal di indonesia adalah pondasi roolag, pondasi footplat dan pondasi cakar ayam.

 

Pondasi Roolag adalah pondasi yang terdiri dari batu bata atau batu kali yang ditata. Pada perkembangannya batu kali lebih sering dipakai daripada batu bata, karena batu kali lebih kuat daripada batu bata. Pondasi ini digunakan untuk bangunan rumah tinggal yang berlantai 1.

 

Pondasi footplat dan cakar ayam adalah pondasi yang mempunyai tulangan besi dicor dengan beton. Kedua pondasi ini mempunyai kemiripan hanya saja untuk pondasi cakar ayam mempunyai tambahan perkuatan yang membuat penampang penerima beban lebih luas. Pondasi ini biasanya digunakan untuk bangunan rumah tinggal berlantai 2 – 3.

Post Comment