Seringkali seiring berjalannya waktu rumah memerlukan tambahan ruang. Tambahan ruang bisa terjadi karena penambahan jumlah anggota keluarga atau karena hal lain. Dan untuk menambah luas lahan belum tentu bisa terjadi. Bisa karena tidak ada lahan kosong lagi di sekitar rumah atau harga tanah yang sudah cukup tinggi. Sehingga menambah jumlah lantai atau meningkat rumah adalah pilihan paling rasional.

Sebelum melakukan peningkatan rumah hal yang harus dilakukan adalah pengecekan struktur. Karena untuk struktur rumah dua lantai tentu membutuhkan struktur yang lebih kokoh. Problem struktur ini sering menjadi masalah ketika kita membeli rumah yang sudah jadi. Kita tidak mempunyai data mengenai struktur rumah yang kita punya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek struktur rumah lama. Struktur rumah yang perlu di cek antara lain pondasi, kolom dan balok. Untuk balok sloof tidak perlu di cek, karena beban akan disalurkan ke pondasi footplat. Karena jika sloof di perkuat maka dinding harus di bongkar semua. Dan itu membuat biaya semakin mahal.

Cara untuk mengecek pondasi adalah dengan melakukan penggalian pada salah satu bagian di area dekat kolom diluar rumah. Hal ini dimaksudkan agar penggalian tidak merusak keramik lantai dalam rumah. Lakukan penggalian sampai kedalaman pondasi terlihat, apakah pondasi rumah sudah menggunakan pondasi footplat atau belum. Jika sudah maka tidak perlu diberi tambahan kekuatan pondasi. Namun jika belum ada pondasi footplat, maka perlu diberi tambahan perkuatan pondasi footplat.

Cara untuk menambah perkuatan pondasi adalah dengan menggali di sekitar kolom utama. Setelah galian cukup, maka kita tambah pondasi footplat dan kita cor dengan beton. Seiring dengan perkuatan footplat ini, juga dilakukan perkuatan pada kolomnya. Perkuatan kolom dilakukan dengan menambah dimensi kolom struktur lama. Antara kolom baru dan kolom lama diberi angkur untuk perkuat ikatan. Selain itu pada campuran beton bisa diberi zat additif untuk menyambung antara beton lama dengan beton baru. Untuk perkuatan beton konsepnya relatif sama dengan perkuatan kolom.

Post Comment