Beton adalah bahan bangunan komposit yang terdiri dari agregat halus, agregat kasar dan bahan pengikat. Agregat halus yang biasanya di pakai adalah pasir, untuk agregat kasar menggunakan split dan bahan pengikat yang digunakan adalah semen. Pada konstruksi bangunan beton berfungsi sebagai penahan beban tekan. Beton mempunyai sifat yang lemah terhadap beban tarik. Sehingga struktur beton diberi tulangan besi untuk menambah kekuatan menahan beban tarik. Struktur beton dan besi tulangan dikenal dengan istilah struktur beton bertulang.

Yang harus diperhatikan dalam struktur beton adalah mutu beton atau fc. Mutu beton adalah batas maksimum beban yang bisa diterima oleh beton. Satuan kuat tekan beton adalah Mpa. Misalnya kuat tekan beton adalah fc’ 25, artinya kuat tekan beton adalah 25 Mpa. Semakin tinggi kuat tekan beton atau Mpa, maka beban yang diterima beton akan semakin tinggi.

Untuk mendapatkan kuat tekan beton yang tinggi, maka diperlukan komposisi bahan pembuat beton yang sesuai dengan aturan. Aturan untuk campuran beton untuk mendapat kuat tertentu sudah ada di dalam ketentuan SNI Beton mengenai campuran beton. Campuran beton SNI menggunakan perbandingan volume. Perbandingan volume berarti bahwa setiap komposisi bahan pembuat beton di timbang sesuai ketentuan SNI. Proses penimbangan ini seringkali menjadi masalah di lapangan, karena akan sangat repot jika setiap akan membuat beton harus dilakukan penimbangan.

Metode lain yang bisa digunakan untuk membuat campuran beton adalah dengan perbandingan volume. Perbandingan volume adalah perbandingan bahan pembuat beton dengan menggunakan wadah yang sama untuk semua bahan pembuat beton. Wadah yang sering digunakan untuk perbandingan volume adalah ember. Perbandingan beton yang sering digunakan untuk perbandingan rumah tinggal adalah 1Pc:2Ps:3Kr dan 1Pc:3Ps:5Kr.

Maksud dari perbandingan 1Pc:2Ps:3Kr adalah

1 ember Semen : 2 ember pasir : 3 ember kerikil

Sedangkan untuk perbandingan 1Pc:3Ps:5Kr

1 ember semen : 3 ember pasir : 5 ember kerikil

Mutu beton yang dihasilkan dengan dengan kedua perbandingan tersebut berdasarkan penelitian adalah sekitar 22,5 Mpa ada 20 Mpa. Dan dengan mutu beton tersebut sudah cukup untuk konstruksi rumah tinggal sederhana.

Post Comment