Genteng memiliki fungsi sebagai penutup atap untuk melindungi penghuninya dari panas ataupun hujan. Sehingga pemilihan genteng yang sesuai serta material genteng yang kuat akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada penghuninya. Selain itu genteng juag berpengaruh terhadap tampilan eksterior sebuah rumah. Pemilihan model dan warna genteng akan mempengaruhi tampilan rumah. Ada beberapa jenis genteng yang bisa digunakan antara lain genteng tanah liat, beton dan keramik.

Genteng Tanah Liat

Bahan dasar genteng ini adalah tanah liat yang diproses sedikimian rupa sehingga didapatkan genteng tanah liat dengan berbagai bentuk dan model. Sejak jaman dahulu genteng ini sudah cukup populer, karena genteng tanah liat mempunyai beberapa kelebihan.

Genteng tanah liat mudah didapat, mempunyai model yang beragam dan memiliki bobot yang ringan. Produksi genteng tanah liat dilakukan dengan teknologi yang sederhana sehingga banyak masyarakat yang bisa memproduksi. Sehingga ketersediaan genteng tanah liat ini mudah didapat di pasaran. Genteng tanah liat juga mempunyai model yang cukup beragam. Dengan model yang beragam bisa memberi pilhan terhadap tampilan rumah. Bobot genteng yang cukup ringan membuat struktur rumah yang dibangun tidak harus terlalu kuat. Asalkan bisa menahan beban genteng itu sudah cukup.

Namun disisi lain genteng tanah liat ini warnanya cepat pudar dan materialnya tidak lebih kokoh dibandingkan dengan genteng beton. Pembakaran pada beton mempengaruhi daya lekat warna genteng. Jika genteng sering terkena panas dan hujan maka warna akan cepat pudar.

Ada satu jenis genteng lagi yang bahan dasarnya tanah liat. Genteng tersebut adalah genteng keramik. Genteng ini memiliki kualitas yang cukup baik karena dibuat menggunakan mesin di pabrik. Genteng keramik memiliki presisi, kerapihan dan kekuatan yang baik. Selain proses pewarnaan genteng juga cukup bagus sehingga warna tidak cepat pudar. Jika dibandingkan dengan genteng tanah liat biasa, genteng keramik ini bobotnya lebih berat dan harganya lebih mahal.

Genteng Beton

Genteng beton terbuat dari campuran semen, pasir dan bahan serat tambahan. Sama dengan genteng tanah liat, genteng beton juga memilikli berbagai bentuk dan model.

Genteng beton memiliki struktur yang lebih kuat dibandingkan dengan genteng tanah liat. Perawatan genteng beton juga lebih mudah. Genteng beton memiliki sifat memantulkan panas dan tidak menyerapnya. Dengan demikian suhu di dalam ruangan tidak cepat panas.

Bobot genteng beton lebih berat dibandingan genteng tanah liat, sehingga struktur penopang genteng beton harus lebih kuat. Selain itu genteng beton memiliki pori – pori yang besar sehingga genteng beton cepat mudah lembab. Harga genteng beton juga lebih mahal jika dibandingan dengan genteng tanah liat.

 

Post Comment