Jika kita menemukan adanya bercak – bercak pada langit – langit kamar mandi kita. Maka kemungkinan besar ada kebocoran pada lantai kamar mandi di atasnya. Posisi kamar mandi untuk rumah dua lantai memang biasanya berada pada garis yang sama. Hal ini bertujuan agar pemasangan jalur pipa lebih mudah dan perawatan juga lebih mudah. Adanya kebocoran ini tentu saja membuat tidak nyaman bagi penghuni rumah.

Sebelum dilakukan perbaikan, kita harus mengetahui dulu penyebab dari bocor tersebut.  Hal yang harus diperhatikan antara lain :

  1. Cek nat keramik lantai kamar mandi

Nat keramik merupakan bahan pengisi sambungan antar keramik. Adanya rongga pada nat ini bisa menajdi jalan masuk air untuk merembes ke bagian bawah. Jika di temukan adanya nat keramik yang berongga, maka kupas nat keramik tersebut dan beri lapisan nat baru.

  1. Cek kemiringan lantai kamar mandi

Kemiringan keramik kamar mandi yang kurang, akan membuat air berdiam cukup lama atau menggenang. Pada kondisi tersebut jika terjadi genangan yang terlalu lama,maka air bisa meresap ke dalam keramik dan selanjutnya bisa menetes ke bawah. Hal ini bisa terjadi karena air memiliki unsur yang sangat halus sehingga bisa menembus rongga yang cukup kecil. Untuk memperbaiki permasalahan kemiringan keramik, kita harus membongkar keramik dan memasang nya lagi dengan kemiringan yang sudah di sesuaikan.

  1. Keramik kamar mandi pecah

Keramik kamar mandi yang pecah akan memberi celah air untuk masuk kedalamnya. Dan jika ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama , maka akan membuat adanya rembesan ke bagian bawah. Untuk cara memperbaiki keramik yang pecah adalah dengan mengganti keramik tersebut dengan keramik yang baru.

  1. Cek sambungan pipa

Jika tidak ditemukan permasalahan pada permukaan lantai seperti tidak ada nat keramik yang rusak, kemiringan lantai sudah mencukupi dan tidak ada keramik yang pecah. Maka kita harus melakukan pengecekan pada sambungan pipa dari kamar mandi tersebut. Caranya adalah kita bongkar langit – langit pada kamar mandi di bawahnya dan lalukan pemerikasaan pad semua sambungan pipa. Jika ada sambungan pipa yng bocor maka harus di beri perkuatan.

 

Post Comment