Balok sloof adalah salah satu bagian dari struktur sebuah rumah. Balok sloof adalah balok yang berada di atas pondasi sebuah bangunan. Fungsi balok sloof adalah meratakan beban ke seluruh pondasi dari struktur yang ada diatasnya. Selain itu balok sloof juga berfungsi sebagai pengikat dinding bagian bawah agar tidak tetap stabil ketika ada gaya geser atau gaya dorong, serta pergerakan tanah di bawah pondasi.

Dimensi balok sloof mengikuti kebutuhan struktur. Namun pada umumnya dimensi balok sloof untuk bangunan rumah tinggal satu lantai adalah ukuran 15 cm x 20 cm. Dan untuk bangunan rumah tinggal dua lantai dimensi balok sloof yang digunakan adalah ukuran 20 cm x 30 cm. Tapi tentu dimensi balok sloof disesuaikan dengan hasil perhitungan struktur. Dimensi balok sloof di atas adalah acuan standar jika kita tidak mempunyai perhitungan struktur yang detail. Karena untuk menghitung desain konstruksi membutuhkan pemahaman mengenai ilmu struktur yang tidak semua orang mempelajari.

Tulangan besi beton yang digunakan untuk balok sloof rumah tinggal yang mempunyai lantai satu atau dua adalah besi dengan diameter 12 mm, dengan begel menggunakan besi 6 mm. Jumlah tulangan besi utama yang digunakan untuk balok sloof berjumlah empat buah, dengan jarak sengkang lima belas ( 15 ) cm. Jumlah tulangan, dimensi tulangan dan jarak sengkang yang digunakan diatas adalah untuk konstruksi rumah tinggal lantai satu dan dua dengan konstruksi sederhana.

Yang harus diperhatikan juga untuk struktur balok sloof ini adalah faktor panjang sambungan penulangan. Struktur balok sloof juga berfungsi untuk mengikat kolom bangunan rumah. Agar ikatan antara balok sloof dan kolom kuat, maka diperlukan sambungan yang baik. Panjang sambungan yang dibutuhkan adalah 40d, artinya panjang sambungan yang dibutuhkan empat puluh (40) kali diameter yang digunakan oleh balok sloof. Misalkan besi beton yang digunakan oleh balok sloof ada 12 mm, maka panjang tulangan sambungan adalah 12 mm x 40 =  480 mm. Selain panjang penulangan sambungan adalah kualitas beton cor. Kualitas beton cor yang di sarankan adalah campuran 1Pc:2Ps:3Kr.

Post Comment