Fungsi rumah adalah sebagai tempat tinggal sekaligus tempat berlindung. Oleh karena itu rumah harus dibuat nyaman dan kokoh. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk mendapatkan rumah yang kokoh adalah konstruksi rumah tinggal tersebut. Konstruksi rumah adalah susunan dari yang membetuk bagian rumah. Pada dasarnya konstruksi rumah dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian kepala atau atas, bagian badan atau tengah, bagian kaki atau bawah.

Bagian kaki atau bawah rumah adalah pondasi rumah.

Pondasi ini berfungsi sebagai penyalur beban bangunan ke tanah yang ada dibawahnya. Pondasi ini harus dibuat dengan cukup kuat dan kokoh, karena semua beban rumah akan bertumpu pada pondasi. Untuk rumah tinggal pondasi yang sering dipakai adalah pondasi roolag dan pondasi cakar ayam atau footplat. Pondasi roolag adalah pondasi yang terdiri dari batu bata atau batu kali yang ditata sedemikian rupa dan diberi spesi campuran semen dan pasir sebagai perekat. Pada umumnya bahan pondasi roolag yang dipakai adalah batu kali. Karena batu kali lebih kuat dibandingkan menggunakan batu bata. Pondasi roolag ini bisa digunakan untuk rumah berlantai satu, sedangkan untuk rumah berlantai dua lebih baik menggunakan pondasi cakar ayam. Pondasi cakar ayam adalah pondasi yang berupa tulangan besi yang dirakit sedemikian rupa dan di beri cor beton sebagai isinya. Pondasi ini mampu menahan beban yang lebih besar dibandingkan pondasi batu kali.

Bagian badan atau tengah rumah adalah bagian sloof,kolom,dinding bata dan ringbalk.

Sloof adalah struktur yang posisinya berada di atas pondasi. Sloof ini berfungsi sebagai pengikat rumah bagian bawah dan penyalur beban dari dinding dan kolom ke pondasi.  Sloof ini adalah rangkaian besi yang disusun sedemikian rupa dan di isi dengan cor beton.

Kolom adalah struktur berdiri yang berfungsi sebagai pengikat dinding dan sebagai rangka suatu bangunan. Posisi kolom terletak diatas sloof dan pada pertemuan dinding serta pada posisi dimana bentang rumah terlalu lebar. Seperti sloof kolom juga adala rangkaian besi yang disusun dan dicor dengan beton.

Ringbalk adalah struktur pengikat bagian atas. Secara bentuk sama seperti sloof hanya untuk ringbalk ada di posisi atas rumah. Selain sebagai pengikat bagian atas ringbalk juga berfungsi untu menyalurkan beban dari bagian atas rumah yaitu rangka atap dan penutup atap. Ringbalk juga merupakan susunan besi yang dicor dengan beton.

Dinding rumah sebenarnya adalah bagian arsitektur rumah. Hal ini dikarenakan dinding tidak mempunyai fungsi sebagai penyalur beban dari rumah. Dinding merupakan sekat pemisah untuk ruangan – ruangan di dalam rumah. Dinding rumah tinggal pada umumnya terbuat dari batu bata atau batako.

Bagian atas rumah adalah rangka atap dan penutup atap

Rangka atap adalah susunan yang membentuk atap rumah. Bahan rangka atap rumah pada umumnya adalah kayu. Namun seiring perkembangan teknologi kini dikenal rangka atap baja ringan. Dimana rangka ini mempunyai keunggulan ringan bahannya,kuat materialnya dan cepat pengerjaannya.

Penutup atap yang familiar digunakan untuk rumah tinggal adalah genteng. Genteng ini bisa terbuat dari tanah liat ataupu beton. Funsi penutup atap adalah untuk mencegah cahaya matahari langsung masuk ke rumah.

Post Comment