Langit  – langit rumah lebih dikenal dengan istilah plafond. Plafond didalam rumah memiliki beberapa fungsi antara lain, sebagai penutup dari rangka atap, sebagai penutup instalasi listrik dan lainnya, dan sebagai isolator panas. Bahan untuk plafond biasanya terbuat dari gypsumboard atau GRC. Kelebihan GRC dibanding gypsumboard adalah GRC lebih tahan air dibandingkan dengan gypsumboard. Untuk rangka plafond bisa terbuat dari kayu atau galvalum. Dan tentu saja rangka galvalum lebih awet dibandingkan kayu. Selain itu pemasangan rangka plafond galvalum lebih cepat dan mudah.

Seiring berjalannya waktu permasalahan yang sering timbul pada plafond adalah munculnya retakan pada sambungan gypsumboard ataupun GRC. Penyebab retakan pada plafond adalah tidak menyatunya tepung gypsum atau compound dengan gypsumboard atau GRC ketika tepung gypsum sudah kering. Tentu saja adanya retakan ini membuat langit – langit rumah tidak enak dipandang. Hal ini tentu saja harus segera di selesaikan permasalahannya.

Salah satu cara untuk memperbaiki retakan pada langit – langit rumah adalah dengan mengupas nat sambungan langit – langit rumah dengan menggunakan amplas. Untuk pengisi nat sambungan langit – langit gunakanlah compund yang telah disediakan oleh produsen langit – langit. Seperti untuk penutup langit – langit GRC menggunakan Compound A ditambah Compound B, atau jika ingin lebih mudah bisa menggunakan tepung gypsum di tambah lem kayu. Hal yang harus diperhatikan adalah komposisi campuran antara tepung gypsum dan lem kayu. Jika menggunakan compound A dan Compound B perbandingan campuran adalah 1:1.

Langkah pertama untuk memperbaiki retakan sambungan plafond adalah dengan menyiapkan komponen nat penutup sambungan dengan komposisi yang disarankan oleh pembuat papan semen atau GRC. Hasil campuran komponen nat penutup sambungan sebaiknya digunakan sebelum 30 menit, karena stelah 30 menit campuran compound akan mengeras dan tidak bisa digunakan. Lapisi retakan pada plafond menggunakan campuran yang sudah dibuat secara merata. Biarkan lapisan penutup nat mengering sempurna sebelum dilakukan pengecatan plafond. Masa kering sentuh tangan campuran penutup nat berkisar antara 45 menit sampai 60 menit. Masa kering sempurna campuran penutup nat berkisar antara 8 – 9 jam. Jika dilakukan pengecatan sebelum campuran nat kering maka kemungkinan retak di masa depan dapat terjadi lagi.

Post Comment