Carport biasanya berada di bagian depan rumah. Carport berfungsi sebagai tempat parkir dan melindungi kendraan kita dari sinar matahari maupun hujan. Konstruksi carport harus dibuat denagn kokoh dan kuat agar bisa tahan terhadap perubahan cuaca panas dan hujan. Dan juga karena posisi carport berada di bagian depan ruma, desain carport harus sesuai dengan fasad rumah. Pemilihan model dan material carport harus disesuaikan dengan model tampilan fasad rumah. Selain itu material penutup atap carport juga harus sesuai dengan fasad rumah. Dengan demikian paduan antara struktur yang kuat dan kokoh serta tampilan yang sesuai dengan fasad rumah,carport akan menambah nilai estetika sebuah rumah.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat carport antara lain :

  1. Sirkulasi kendaraan

Sirkulasi kendaraan berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan ketika kendaraan keluar masuk carport. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain keramaian arus kendaran di jalan depan carport kita dan juga apakah ada yang menghalangi akses kendaraan kita seperti adanya pohon, tiang listrik, tiang telepon dan lain – lain.

  1. Dimensi Carport

Untuk mementukan dimensi carport faktor utamanya adalah dimensi kendaraan kita. Pastikan luasan carport mampu menampung seluruh body kendaraan. Dan juga ada space tambahan untuk buak pintu kendaraan dan akses manusia. Lebar tambahan untuk pintu dan akses manusia adalah sekitar 80 cm. Jadi misalnya kendaraan kita mempunyai dimensi panjang 3 m dan lebar 2 m, maka dimensi minimal carport adalah 3,6 m x 4,6 m.

  1. Sirkulasi Udara

Karena terbatasnya lahan seringkali kita memanaskan kendaraan di carport. Tentu saja hal tersebut tidaklah di larang. Namun yang penting adalah asap dari kendaraan kita bisa secara cepat keluar dari carport. Salah satu caranya adalah membuat ruang terbuka di samping carport atau pada bagian depan carport di buat terbuka. Selain itu usahakan ketika kita memanaskan mobil, knalpot kendaraan langsung mengarah ke udara luar. Karena asap kendaraan sangat berbahaya bagi kesehatan jika dihirup oleh manusia. Usahakanlah agar asap kendaraan tidak sampai masuk ke dalam rumah kita.

 

Post Comment