Tangga adalah konstruksi yang digunakan untuk menghubungkan antar lantai pada bangunan berlantai lebih dari satu. Material tangga bisa terbuat dari cor beton, kayu ataupun besi. Namun material yang lazim digunakan untuk tangga pada rumah tinggal adalah cor beton. Tangga cor beton adalah konstruksi tangga yang terbuat dari tulangan besi dan campuran beton antara semen, pasir, split (koral) yang diaduk dengan ditambahkan air. Konsep penulangan besi beton pada tangga mirip seperti penulangan pada plat lantai beton. Tulangan besi beton yang digunakan plat tangga biasanya berdiameter 8mm atau 10mm.

Sebagai sebuah konstruksi tangga memiliki beberapa persyaratan konstruksi yang harus dipenuhi antara lain :

  1. Tangga harus tahan terhadap goncangan keras.
  2. Sudut tangga tidak boleh terlalu curam atau lebih dari lima puluh derajat ( 50 derajat)
  3. Tinggi anak tangga antara aantrade dan optrade harus sama
  4. Lantai anak tangga harus menggunakan keramik yang kasar tidak boleh licin. Serta tidak boleh anda baut dan paku yang menonjol pada anak tangga.
  5. Pegangan pada tangga memiliki sudut bulat dan permukaan yang halus.

Penempatan tangga harus mudah ditemukan dan tidak berdekatan dengan ruangan lain. Hal ini dimaksudkan agar keberadaan tangga tidak menggangu ruangan tersebut. Selain itu tangga juga bisa difungsikan sebagai jalan darurat jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Konstruksi tangga rumah tinggal terdiri dari :

  1. Pondasi Tangga

Pondasi tangga berfungsi sebagai penahan beban tangga agar tidak mengalami penurunan ataupun pergeseran. Pondasi tangga bisa terbuat dari pondasi batu kali atau pondasi footplat.

  1. Plat tangga

Plat tangga merupakan struktur plat yang berfungsi sebagai dudukan untuk anak tangga dan juga sekaligus menahan beban dari tangga itu sendiri. Tebal plat tangga sama seperti plat untuk cor dak plat lantai, berkisar antara 10 cm – 12 cm.

  1. Anak tangga

Anak tangga mempunyai 2 bagian yaitu aantrade dan optrade

Aantrade adalah bagian mendatar dari anak tangga,yang berfungsi sebagai tempat pijkan. Lebar aantrade anak tangga berkisar antara 22 cm – 30 cm.

Optrade adalah bagian tegak sebuah tangga. Tinggi optrade ini antara 15 – 18 cm. Jika optrade memiliki tinggi yang lebih dari 18 cm akan membuat cepat lelah bagi orang yang mau naik tangga.

  1. Pagar tangga

Pagar tangga berfungsi sebagai pembatas tangga dan sekaligus pegangan bagi yang mau naik tangga. Pagar tangga bisa dibuat dari berbagai macam material seperti kayu, besi hollow, besi stainlesssteel. Model pagar tangga bisa bervariasi sesuai dengan kebutuha dan selera pemilik rumah.

 

Post Comment