Saat sekarang ini perkembangan teknologi material bangunan cukup berkembang pesat. Begitu banyak material – material baru yang memberi banyak keuntungan untuk perkembangan dunia kosntrusi saat ini. Salah satu material konstruksi yang berkembang saat ini adalah rangka atap baja ringan. Sudah sejak lama di Indonesia untuk rangka atap mengunakan material kayu. Hal ini sangatlah wajar karena kayu mudah ditemukan di Indonesia. Selain itu kayu juga memiliki kualitas yang cukuk baik untuk di gunakan sebagai rangka atap.

Penggunaan rangka atap baja ringan saat sekarang ini cukup berkembang pesat. Ada beberapa keunggulan penggunaan rangka atap baja ringan, antara lain :

  1. Kekuatan tarik yang tinggi

Baja ringan merupakan material yang memiliki kekuatan tarik yang tinggi. Material yang memiliki kekutan tarik yang tinggi cukup baik bila digunakan sebagai material struktur rangka atap. Selain itu baja ringan memiliki bobot yang ringan sehingga mudah untuk pengangkutannya.

  1. Bersifat liat dan daktail

Dengan memiliki sifat liat dan daktail material baja ringan ini tahan terhadap beban deformasinya baik ketika proses pengangkutan ataupun proses pemasangannya. Dengan sifat liat dan daktail ini baja ringan memiliki sifat kelenturan yang baik sehingga bisa menahan beban geser, beban kejut dan bentuknya bisa lebih fleksibel.

  1. Bersifat seragam

Material baja ringan memiliki sifat, bentuk dan ukuran yang seragam. Karena material baja ringan dibuat menggunakan mesin di pabrik. Sehingga jaminan kualitas produk tentu sangat terjaga. Hal ini tentu saja memberikan jaminan kualitas dan memudahkan pengerjaan konstruksinya.

  1. Proses pengerjaan cepat

Proses pengerjaan rangka atap baja ringan sangat cepat dibandingkan dengan rangka atap kayu. Hal ini dikarenakan bobot material yang ringan sehingga sangat memudahkan ketika di angkat ke atas untuk proses pemasangan. Selain itu sistem sambungan yang mengguakan baut juga cukup memudahkan.

  1. Anti rayap dan karat

Material baja ringan adalah material yang anti rayap dan karat. Rangka baja ringan tidak memerlukan proses finishing cat lagi. Dengan material yang anti rayap dan anti karat ini, tentu saja baja ringan memiliki umur konstruksi yang lebih lama bila dibandingkan dengan kayu.

Post Comment