Dengan adanya kemajuan teknologi yang cukup berkembang pesat saat sekarang ini, material bahan bangunan juga mengalami perkembangan. Begitu banyak material baru yang ditemukan berkat kemajuan teknologi. Berbagai material bangunan selama beberapa tahun ini cukup berkembang pesat seperti rangka atap baja ringan, rumah dengan material pabrikasi, penutup atap dengan material metal dan lain sebagainya. Salah satu perkembangan material yang lain  adalah bata ringan. Bata ringan merupakan material untuk dinding, fungsinya persis sama dengan batu bata dan batako.

Ada beberapa hal yang menjadi keunggulan dari bata ringan, antara lain :

  1. Bobot yang ringan

Bata ringan memiliki dimensi yang lebih besar dari batu bata dan batako. Namun karena material bata ringan yang terbuat dari pasir dan busa, membuat bobot bata ringan menjadi lebih ringan. Hal ini tentu memberi keuntungan bagi bangunan yang memiliki lantai banyak. Dengn bobot yang ringan akan mengurangi dimensi struktur yang digunakan.

  1. Memiliki dimensi yang seragam

Bata ringan dibuat dengan mesin pabrik. Sehingga kualitas dan dimensi bata ringan yang dihasilkan akan terjaga dan seragam. Dengan dimensi yang seragam akan memudahkan dalam pemasangan dan juga membuat dinding menjadi lebih rapi.

  1. Mengurangi penggunaan spesi

Dinding bata ringan tidak membutuhkan spesi yang tebal seperti pada penggunaan spesi untuk batu bata biasa. Hal ini dikarenakan dimensi bata ringan yang besar sehingga memungkinkan untuk penggunaan spesi yang sedikit. Spesi bata ringan di anjurkan menggunakan semen mortar, dimana penggunaan semen mortar ini bisa langsung di tambah air tanpa menggunakan pasir.

  1. Waktu pengerjaan lebih cepat

Pengerjaan dinding bata ringan lebih cepat dibandingkan dengan pemasangan dinding batu bata merah biasa. Hal ini dikarenakan karena dimensi bata ringan lebih besar dibanding dengan batu bata. Selain itu penggunaan spesi yang lebih sedikit juga mempengaruhi kecepatan pemasangan dinding bata ringan.

  1. Kedap suara dan kedap air

Kelebihan ini tidak dimiliki oleh material lain seperti batu bata dan batako. Dengan karakter yang kedap air, membuat peluang adanya rembesan air cukup kecil. Apabila terjadi hujan ataupun air dari talang.

 

Post Comment