Seringkali ketika kita membeli rumah second atau ada kebutuhan ruang tambahan karena sesuatu hal, maka kita harus melakukan renovasi rumah. Renovasi rumah ini bertujuan agar rumah tinggal kita menjadi lebih nyaman dan memenuhi kebutuhan ruang penghuninya. Sudah banyak terjadi ketika melakukan renovasi rumah akan ada pembengkakan biaya dan penambahan waktu pengerjaan. Hal ini sering terjadi karena karakteristik renovasi itu sendiri. Misalnya ketika kita akan menambah ruang kamar,maka pekerjaan yang harus dilakukan mungkin lebih dari 5 macam jenis pekerjaan. Karena untuk pekerjaan pembongkaran untuk renovasi rumah bisa merember ke hal hal yang lain.

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan agar proses renovasi rumah tinggal dapat berjalan sesuai dengan budget dan waktu yang ada. Aspek – aspek tersebut antara lain :

  1. Rencanakan dengan baik

Untuk melakukan renovasi rumah kita harus menginvetarisir kebutuhan ruang apa saja yang dibutuhkan. Jangan sampai renovasi rumah yang dibuat malah justru tidak mengakomodir kebutuhan ruang. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai pilihan – pililhan desain eksterior maupun interior agar mempunyai gambaran yang lengkap mengenai keinginan renovasi. Putuskan pilihan konsep renovasi yang akan dilakukan, jangan sampai nantinya ada perubahan konsep renovasi ketika proses pekerjaan renovasi berjalan. Karena hal tersebut akan menambah anggaran dan waktu pengerjaan.

  1. Buat prioritas renovasi

Ketika pekerjaan renovasi sangat banyak, buatlah skala prioritas dulu bagian mana yang akan dikerjakan. Hal ini penting karena sebagai sebuah satu kesatuan rumah tinggal memiliki keterkaitan antara satu bagian dengan bagian yang lain. Jangan sampai ketika kita melakukan renovasi satu bagian ruangan menyebabkan ruang lain menjadi tidak bisa digunakan.

  1. Pilihlah kontraktor yang dipercaya

Sebaik apapun perencaan jika tidak bisa di eksekusi dengan baik maka hasilnya juga tidak dapat optimal. Memilih kontraktor yang tepat untuk melakukan pekerjaan renovasi rumah tinggal adalah syarat yang tidak bisa ditinggalkan. Kumpulkan informasi mengenai jasa kontraktor yang baik, bisa melalui internet atapun kenalan. Bangun komunikasi yang baik dengan kontraktor, agar kontraktor mempunyai gambaran yang sama mengenai keinginan renovasi rumah anda.

Post Comment