Ventilasi rumah dapat berbentuk pintu, jendela dan angin – angin. Ventilasi rumah ini berfungsi sebagai jalan untuk perpindahan atau  masuknya udara dan cahaya ke dalam rumah dari luar rumah. Dengan adanya pertukaran udara dan cahaya yang baik, maka maka suasana  di dalam rumah tidak pengap dan akan selalu segar. Dengan sirkulasi udara yang lancar udara di dalam rumah akan selalu berganti sehingga membuat rumah lebih sehat. Dan dengan masuknya cahaya matahari yang cukup kedalam rumah maka rumah akan menjadi lebih sehat dan menghemat listrik karena tidak perlu menghidupkan lampu di siang hari.

Ada beberapa fungsi dari ventilasi rumah, antara lain :

  1. Mengeluarkan udara dari dalam rumah

Udara di dalam rumah perlu diganti dengan udara dari luar rumah yang lebih segar. Hal tersbeut perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan penghuni rumah. Karena tanpa adanya pertukaran udara dari dalam rumah dengan udara di luar rumah, maka suasana di dalam rumah akan terasa pengap. Selain itu potensi timbulnya jamur dan lembab pada dinding semakin tinggi. Tentu saja hal tersebut bisa berakibat buruk terhadap kesehatan penghuni rumah. Sehingga sirkulasi udara yang lancar menjadi bagian penting.

  1. Sarana untuk masuknya cahaya matahari

Dengan adanya cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah dalam jumlah yang cukup, maka ada beberapa keuntungan yang didapat. Keuntungan itu antara lain, rumah menjadi hangat sehingga bibit penyakit tidak masuk ke dalam rumah.  Karena dengan cahaya matahari bisa mebunuh kuman dan bakteri yang masuk kedalam rumah. Keuntungan lainnya adalah lebih menghemat penggunaan listrik. Dengan adanya cahaya yang cukup ke dalam rumah, maka penggunaan lampu bisa dikurangi.

  1. Menghilangkan polusi dari dalam rumah

Sumber utama polusi dari dalam rumah adalah asap akibat proses memasak di dapur. Asap ini harus dikeluarkan dari dalam rumah agar tidak membuat pengap kondisi di dalam rumah. Selain itu jika ada penghuni rumah yang merokok, maka asap rokok harus segera keluar dari dalam rumah. Asap rokok yang berada di dalam rumah bisa berbahaya bagi kesehatan seluruh penghuni rumah.

 

Post Comment