Lantai adalah salah satu bagian yang paling luas dari sebuah rumah tinggal. Lantai adalah salah bagian dari rumah yang sering kita pijak. Sehingga kita perlu memberi perhatian khusus kepada lantai. Karena lantai adalah tempat berlangsungnya aktivitas sehari – hari di rumah, maka faktor keselamatan dan kenyamanan pemilihan material lantai harus diperhatikan. Dan setiap ruang rumah memerlukan spesifikasi dan kualitas lantai yang berbeda –beda.

Selain berfungsi sebagai alas ruang, lantai juga berperan dalam desain interior sebuah rumah. Jika diibaratkan lantai adalah bskgorund sebuah ruangan. Pemilihan lantai yang tepat bisa memberi kesan lebih kepada rumah. Tidak semua material lantai cocok untuk ruangan satu sama lain. Contohnya untuk kamar mandi yang basah maka tidak cocok di gunakan penutup lantai yang licin. Karena hal tersebut akan cukup membahayakan penggunanya.

Sebagian dari kita sering mengabaikan peran dari lantai. Namun jika dicermati lantai memiliki peran yang penting dalam sebuah bagian rumh. Peran itu antara lain :

  1. Lantai adalah bagian rumah yang terus – menerus menerima beban.

Beban yang diterima lantai tidak hanya dari penghuni rumah akan tetapi juga dari barang – barang yang ada di atasnya.  Kedua beban ini memberi pengaruh yang cukup besar terhadap lantai. Pemilihan jenis penutup lantai dan cara pemasangan yang tepat adalah hal penting yang harus dilakukan.

  1. Lantai adalah tempat berlangsungnya aktivitas

Aktivitas sehari –hari kita dilakukan di lantai. Kita bisa mengakses satu  ruangan ke ruangan lain menggunakan lantai. Begitu juga dengan aktivitas sederhana sehari – hari seperti, duduk – dudk di lantai atau berdiri di depan jendela untuk melihat siapa yang datang. Oleh karena itu desain lantai yang kuat, nyaman dan stabil adalah syarat yang harus dipenuhi jika ingin aktivitas sehari –hari berjalan lancar.

  1. Pembentuk dan pembeda fungsi ruang

Saat ini trend pemisahan ruang tidak hanya menggunakan dinding pemisah. Namun bisa juga dilakukan dengan pemasangan penutup lantai yang berbeda. Misalnya kita bisa membedakan antara penutup lantai ruang keluarga dengan dapur. Penutup lantai ruang keluarga menggunakan penutup warna cerah, sedangkan dapur menggunakan warna gelap. Dengan adanya perbedaan ini kita bisa mengetahui ada nya ruangan berbeda meski tanpa dinding pemisah.

Post Comment