Balok latei adalah balok yang terletak di atas kusen pintu atau jendela. Balok ini berfungsi menahan beban dari bagian atasnya agar beban tidak langsung diterima kusen pintu atau jendela. Dengan adanya konstruksi balok latei maka kusen pintu atau jendela akan tetap kokoh dan kuat serta tidak melengkung. Baik untuk kusen pintu atau jendela yang terbuat dari kayu ataupun kusen yang terbuat dari alumunium.

Pada zaman dahulu ketika beton bertulang belum begitu di kenal di masyrakat. Konstruksi balok latei menggunakan bata roolag. Bata roolag adalah batu bata yang di pasang dengan posisi berdiri. Agar kuat pasangan bata roolag di atas kusen jendela atau pintu di pasang lebih 30 cm dari ukuran kusen pintu atau jendela yang ada. Namun jika pemasangan bata roolag kurang benar maka bata roolag sebagai penahan beban di atas kusen pintu atau jendela tidak bisa bekerja maksimal. Sehingga pemasangan bata roolag untuk penahan beban di atas kusen pintu atau jendela harus memperhatikan kaidah- kaidah yang di syaratkan.

Saat sekarang ini penggunaan bata roolag sebagai balok latei sudah ditinggalkan. Karena saat ini sudah dikenal struktur beton bertulang. Karena dengan menggunakan struktur besi beton bertulang balok latei berfungsi secara optimal. Dengan menggunakan beton bertulang balok latei jadi lebih kokoh dan kuat untuk menahan beban yang ada di atas kusen. Sehingga kusen akan lebih awet dan tahan jika ada beban – beban tertentu.

Dimensi balok latei adalah 15 cm x 15 cm setelah di finishing plester dan aci. Dimensi balok latei harus sama dengan dimensi dinding batu bata. Jadi dimensi begel balok latei 8 cm x 12 cm, dengan selimut beton 2 cm dan finishing plester aci 3 cm. Besi beton yang digunakan sebagai tulangan utama balok latei  adalah besi beton 8 mm. Jika menggunakan besi beton yang lebih besar akan membuat tidak efektif secara struktur. Karena luasan kebutuhan tulangan besi beton maksimal adalah 8% dari luasan permukaan beton. Sehingga jika menggunakan besi beton lebih dari 8 mm akan membuat struktur beton menjadi over reinforcment.

Post Comment