Besi beton adalah besi yang digunakan untuk konstruksi beton bertulang. Besi perfungsi sebagai penahan gaya tarik, sedangkan beton berfungsi sebagai penahan gaya tekan. Sehingga perpaduan antara besi dan beton akan menghasilkan konstruksi yang kokoh.

Besi beton mempunyai beberapa ukuran antara lain diameter 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm dll. Besi beton terdiri dari dua jenis yaitu besi beton polos dan besi beton ulir. Untuk penggunaan besi beton tentu disesuaikan dengan hitungan struktur yang sudah ada. Baik untuk pemakaian dimensi diameter besi atau jenis besi beton yang akan digunakan. Apakah akan menggunakan besi beton polos atau besi beton ulir.

Bagian struktur yang menggunakan besi beton antara lain, sloof, kolom, balok , plat lantai, plat tangga,dan ringbalk. Semua bagian tersebut membutuhkan jumlah besi beton yang berbeda –beda.

Sebagai contoh sloof sebuah bangunan berukuran 15 cm x 20 cm menggunakan besi polos tulangan utama 4 buah dengan diameter besi 12 mm dan begel atau sengkang besi polos dengan diameter 8 mm dengan jarak sengkan 15 cm. Panjang total sloof adalah 20 m.

Maka kebutuhan besi untuk tulangan utama adalah :

Jumlah tulangan utama x panjang sloof = 4 x 20 = 80 m

Panjang besi di pasaran adalah 12 m, maka kebutuhan besi adalah 80 m : 12 m = 6,6 batang atau jika dibulatkan kebutuhan besi tulangan sloof adalah 7 batang besi diameter 12 mm.

Untuk kebutuhan besi sengkang adalah :

1 buah sengkang membutuhkan = 15 cm + 15 cm + 20 cm +20 cm + 5 cm + 5 cm = 80 cm

1 meter sloof membutuhkan = 100 cm : 15 cm = 7 buah sengkang

Panjang besi sengkang = 0,8 m x 20 m x 7 bh = 112 m

Kebutuhan besi sengkang = 112 m : 12 m = 9,3 batang

Atau jika dibulatkan kebutuhan besi sengkang sloof adalah 10 batang besi diameter 8 mm

Itulah cara sederhana menghitung kebutuhan besi beton. Info yang harus diketahui untuk menghitung kebutuhan besi adalah jumlah tulangan utama yang digunakan, dimensi struktur , panjang struktur dan jarak sengkang. Dengan data – data tersebut kita bisa menghitung jumlah kebutuhan besi beton sendiri.

 

Post Comment