Salah satu bagian dari rumah tinggal adalah dinding. Dinding merupakan struktur yang memisahkan dan melindungi suatu area. Umumnya, dinding membatasi suatu bangunan dan menyokong struktur lainnya, membatasi ruang dalam bangunan menjadi ruangan-ruangan, atau melindungi atau membatasi suatu ruang di alam terbuka. Tiga jenis utama dinding struktural adalah dinding bangunan, dinding pembatas (boundary), serta dinding penahan (retaining).

Selain itu dinding juga ada jenis dinding yang lain yaitu dinding arsitektural atau dinding non struktural. Dinding arsitektural adalah dinding yang tidak menopang beban, hanya sebagai pembatas. Apabila dinding di robohkan, maka bangunan tetap berdiri. beberapa material dinding non-struktural diantaranya seperti batu bata, batako, bata ringan, kayu dan kaca.

Batu Bata

Salah satu material dinding yang populer digunakan adalah batu bata. Dikarenakan batu bata ini mudah di dapat dan harganya murah. Ukuran batu bata cukup beragam, berbeda – beda di tiap daerah. Namun lazimnya batu bata mempunyai ukuran panjang = 20 cm, lebar = 10 cm dan tinggi = 2 cm.  Sehingga dalam 1 m2 luasan dinding dibutuhkan 70 buah batu bata.

Misalnya sebuah ruangan mempunyai panjang dinding 4 meter dengan ketinggian 3 meter.

Maka kebutuhan batu bata untuk dinding tersebut adalah 4m x 3m x 70 = 840 bua batu bata

 

Batako

Batako adalah campuran antara pasir dan semen dengan perbandingan tertentu. Batako mempunyai dimensi 10 cm x 20 cm x 40 cm. Kebutuhan batako per m2 adalah 11 buah.

Misalnya sebuah ruangan mempunyai panjang 3 meter dengan ketinggian 3 meter, maka kebutuhan batako adalah 3 m x 3 m x 11 = 99 buah batako.

 

Hebel

Hebel adalah material dinding yang sedang populer. Hebel di sebut juga dengan nama bata ringan. Ha l ini dikarenakan bobot hebel ini memang cukup ringan jika dibandingan dengan dimensi yang dimilikinya. Hebel ini terbuat dari campuran semen dan pasir yang ditambahkan dengan busa atau foam. Dimensi hebel atau bata ringan yang sering digunakan adalah 7,5 cm x 20 cm x 60 cm. Kebutuhan hebel untuk 1 m2 adalah 8 buah.

Misalnya sebuah ruangan mempunyai panjang 5 meter dengan ketinggian 3,5 meter, maka kebutuhan hebel adalah 5 m x 3,5 m x 8 = 140 buah hebel

 

 

Post Comment