Sekarang ini banyak rumah yang tidak memiliki garasi tertutup. Dikarenakan terbatasnya lahan rumah dan juga faktor efisiensi. Kendaraan mobil atau motor lebih sering di parkir di garasi terbuka. Garasi terbuka ini lebih sering dikenal dengan istilah carport. Dan untuk melindungi kendaraan dari panas dan hujan, maka carport diberi canopy. Selain di carport, canopy juga bisa digunakan di selasar, teras atau pun balkon. Bahan penutup canopy bisa dari galvalum, polycarbonat atau pun metal stuff. Untuk rangka canopy biasanya terbuat dari baja ringan atau besi.

Pada dasarnya canopy harus mempunyai konstruksi yang kokoh dan kuat. Karena canopy langsung menerima cahaya matahari, hujan dan angin. Pemilihan material struktur dan atap canopy harus mempertimbangkan faktor – faktor diatas. Material struktur dan atap canopy harus bisa melindungi penghuni ataupun benda yang ada di bawah canopy, dari sinar matahari, hujan dan angin.

Canopy besi terbuat dari pipa besi atau besi hollow. Besi pipa atau besi hollow mempunyai ketebalan yang cukup tebal. Sehingga memberi kesan gagah dan kokoh serta memberi kesan lebih elegan dan cantik dibandingkan dengan baja ringan yang tipis dan kecil. Untuk kekuatan jika dibandingkan dengan canopy baja ringan relatif tidak ada perbedaan yang jauh. Dan juga untuk pengerjaan kedua material antara besi dan baja ringan realtif mudah. Salah satu yang harus diperhatikan dari canopy besi adalah masalah karat. Jika perawatan canopy besi kurang dilakukan, maka canopy besi akan cepat berkarat. Dan jika dibiarkan terlalu lama akan mempengaruhi penampilan dan kekuatan canopy besi. Selain itu harga canopy besi lebih mahal jika dibandingkan dengan canopy baja ringan.

Canopy baja ringan mempunyai ketebalan kurang dari 1 mm. Hal ini menyebabkan canopy baja ringan terlihat lebih ringkih jika dibandingkan dengan canopy besi. Namun dengan teknologi yang ada sekarang ini, kekuatan canopy baja ringan tidak jauh beda dengan canopy besi. Harga canopy baja ringan juga lebih murah dari canopy besi. Salah satu faktor yang harus diperhatikan dari canopy baja ringan adalah metode pemasangan harus benar. Sehingga pemasangan canopy besi harus dilakukan oleh tukang yang sudah memiliki pengalaman dan pemahaman mengenai struktur baja ringan. Agar kuat, kokoh dan awet canopy baja ringan harus mengikuti kaidah teknis yang sudah dipersyaratkan dari produsen baja ringan.

Post Comment