Bangunan rumah akan terlihat indah dan bagus kalau mempunyai sudut siku yang benar. Sudut siku berpengaruh terhadap posisi pondasi dan tembok rumah. Jika sudut siku suatu bangunan rumah tidak benar, akan terlihat pada saat pemasangan keramik. Adanya potongan las – lasan keramik yang tidak sama besar menunjukkan bahwa bangunan tersebut memiliki sudut siku yang kurang bagus. Selain itu bangunan rumah yang tidak memiliki sudut siku yang bagus akan mempersulit penataan furniture rumah. Sehingga penentuan sudut siku sebelum akan di bangun rumah merupakan suatu hal yang tidak bisa disepelakan.

Untuk membuat sudut siku, bisa dilakukan dengan beberapa cara antara lain :

  1. Menggunakan Thedolit

Penggunaan theodlit membutuhkan tenaga ahli khusus. Tenaga ahli ini sering disebut surveyor. Dan juga membuat siku dengan theodolit membutuhkan alat khusus. Dengan menggunakan theodolit kita bisa merancang dengan mudah siku bangunan yang akan kita buat. Penggunaan theodolit ini membutuhkan biaya besar, sehingga jarang digunakan untuk pembangunan rumah tinggal. Theodolit biasanya digunakan untuk gedung – gedung besar.

  1. Menggunakan benang

Mencari sudut siku dengan menngunakan benang adalah dengan membetuk segitiga dengan perbandingan 3:4:5. Atau jika dikonversikan dengan menggunakan ukuran lain adalah membuat segitiga dengan ukuran 30 cm : 40 cm : 50 cm. Dengan perbandingan tersebut akan terbentuk sudut siku 90 derajat. Dalam kata lain untuk ukuran 30 cm merupakan alas segitiga, 40 cm merupakan ukuran tinggi segitiga dan 50 cm merupakan sisi miring dari segitiga.

Setelah sudut siku bangunan selesai ditentukan, maka dibuat alat bantu berupa bowplank. Bowplank atau papan bangunan merupakan pembatas yang akan digunakan untuk menentukan titik bangunan. Bowplank terbuat dari papan kayu dan tiang kayu yang dipasang dengan jarak tertentu dari bangunan. Tiang kayu bowplank harus kokoh dan tidak mudah berubah. Karena jika papan bowplank berubah akan mempengaruhi sudut siku bangunan. Pada bowplank atau papan bangunan ada informasi mengenai posisi as bangunan dan posisi pondasi yang harus dibuat. Posisi as bangunan biasanya ditandai dengan menggunakan benang warna putih yang melintang. Dan posisi bowplank minimal 1 meter dari posisi penggalian pondasi.

Post Comment