Salah satu bagian dari bangunan rumah bertingkat adalah plat lantai. Plat lantai ini bisa terbuat dari kayu atau cor beton. Plat lantai adalah bagian yang menahan lantai di bangunan berlantai banyak. Plat lantai harus kokoh dan kuat, karena menahan beban hidup dan beban mati yang ada di atas lantai yang ditahannya. Plat lantai cor beton adalah tulangan plat lantai yang diberi beton cor.

Sekarang ini dikenal material baru yang disebut bondek. Bondek adalah material dari bahan galvanis yang mempunyai bentuk lekuk seperti seng. Bondek berfungsi sebagai pelapis bawah cor lantai beton sebagai pengganti triplek. Jadi dengan menggunakan bondek ini akan menghemat triplek dan juga perancah untuk menahan plat lantai ketika akan di cor. Bondek dibuat dengan bentuk dan konversi khusus sebagai penyangga cor beton dengan ketebalan tertentu sehingga kuat menopang beban besi dan beton di atasnya. Kemudian gelombang plat bondek dirancang khusus dengan bentuk yang telah diperhitungkan mampu menahan beban besi dan cor beton bertulang

Bondek cor biasanya dibiarkan menempel sebagai langit-langit dak setelah cor mengering dengan kurun waktu tertentu (minimal 21 hari atau lebih setelah pengecoran). Kita akan melihat pemandangan bondek sepanjang langit-langit bangunan lantai atas. Bondek bisanya dibiarkan sebagai plafon dan dicat. Namun kebanyakan akan ditutup dengan plafon sebagai desain interior.

Kelebihan bondek antara lain :

  1. Menghemat bahan bekisting. Dan bondek bisa langsung dipakai sebagai hiasan plafond.
  2. Pengerjaan cor plat lantai bisa lebih cepat
  3. Menghemat perancah
  4. Hasil cor beton lebih rapi
  5. Menghemat pembesian karena bondek juga sebagai penganti besi

Kekurangan bondek antara lain :

  1. Pemotongan material bondek memerlukan alat khusus
  2. Harus dipasang oleh tukang yang sudah ahli dan berpengalaman
  3. Tidak bisa digunakan untuk plat gantung seperti topi – topi jendela atau plat kantilever
  4. Dibutuhkan bantuan sambungan las untuk perkuatan pada pertemuan antara sisi bondek

 

 

Post Comment