Atap adalah bagian atas sebuah rumah yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam rumah dari hujan atau pun terik matahari. Atap terdiri dari duan bagian yaitu rangka atap dan penutup atap. Rangka atap adalah konstruksi yang berada di atas ringbalk yang terdiri dari konstruksi kuda – kuda, jurai dan usuk. Rangka atap berfungsi sebagai tempat untuk penutup atap dan menyalur beban dari atas rumah ke bawahnya. Penutup atap adalah material yang digunakan untuk menutupi rangka atap. Penutup atap berfungsi sebagai isolator panas dari luar rumah ke dalam rumah dan juga menahan air hujan agar tidak masuk ke dalam rumah.

Sebagai negara tropis tidak semua bentuk atap cocok digunakan di Indonesia. Ada beberapa bentuk atap yang cocok untuk iklim tropis Indonesia, antara lain :

  1. Atap Pelana

Bentuk atap ini adalah berbentuk segitiga. Ciri dari atap ini adalah mempunyai tembok gunungan untuk menyangga konstruksi rangka atapnya. Atap ini sering digunakan karena pengerjaan yang cepat dan hemat material. Kelabihan lain dari atap ini adalah memiliki resiko kebocoran yang sedikit. Karena kemiringan atap pelana ini sudak mencukupi untuk air bisa mengalir dengan lancar. Kekurangan dari bentuk atap pelana adalah tampilan  atap yang kurang menarik.

  1. Atap Limasan

Atap limasan di kenal juga dengan sebutan atap perisai. Hal ini dikarenakan bentuk atap yang menyerupai perisai. Jika dibandingan dengan atap pelana, atap limasan ini bisa lebih divariasikan untuk tampilannya. Sehingga tampilan rumah dengan atap limasan ini bisa lebih menarik. Namun bentuk atap limasan ini membutuhkan material yang elbih banyak dan waktu pengerjaan yang lebih lama.

  1. Atap Datar

Atap model ini biasanya digunakan untuk model –model rumah modern. Atap datar terbuat dari cor beton. Dengan atap model datar seperti ini bagian atap bisa digunakan untuk menjemur ataupun dibuat kebun (roof garden). Selain itu dengan jenis atap ini jika rumah akan direncanakan untuk di tingkat,akan lebih memudahkan. Karena tidak membutuhkan bongkaran lagi. Namun penggunaan atap ini membuat resiko dalam rumah menjadi panas cukup besar. Selain itu biaya pembangunan dan perawatan cukup besar.

 

Post Comment