Fasad bangunan adalah sisi luar sebuah bangunan. Umumnya adalah bagian depan rumah, namun kadang – kadang juga berarti sisi rumah. Hal itu terjadi jika posisi rumah adalah hook. Namun secara arti bahasa fasad adalah bagian muka atau depan rumah. Karena fasad umumnya adalah bagian luar rumah, maka fasad ini lah yang pertama kali akan dilihat. Fasad ini akan memberi kesan bagi yang melihtanya. Sehingga mempunyai fasad yang cantik dan indah adalah suatu keniscayaan bagi sebuah rumah. Fasad merupakan salah satu bagian yang bisa memberi kesan cantik sebuah rumah, di samping desain interior dalam rumah.

Ada banyak pilihan material untuk mempercantik bagian fasad rumah. Salah satunya adalah menggunakan batu alam. Batu alam sering digunakan untuk mempercantik fasad karena batu alam memiliki ragam dan corak yang begitu banyak dan juga mudah didapat serta harganya yang terjangkau. Selain itu batu alam juga cocok dengan iklim tropis di Indonesia. Hal yang harus diperhatikan ketika akan memasang batu alam untuk fasad adalah keserasian antara warna batu alam dengan war cat dinding luar rumah. Karena jika serasi warnanya maka kesan cantik yang ingin didapatkan untuk fasad rumah tidak akan tercapai.

Ada beberapa contoh batu alam yang bisa digunakan untuk mempercantik fasad, antara lain :

  1. Batu andesit (lavastone)

Batu andesit adalah batu yang berasal dari pembekuan lelehan lava gunung meletus. Warna batu andesit biasanya abu –abu dan merah. Batu andesit merupakan batu yang kera, memiliki permukaan halus namun memiliki rongga. Dengan warna abu –abu cenderung gelap batu ini memberi kesan elegan bagi fasad rumah.

  1. Batu Palimanan (sandstone)

Batu Palimanan adalah batu khas yang berasal dari Kecamatan Palimanan,Kabupaten Cirebon. Berdasarkan warnanya batu palimanan dibedakan menjadi tiga jenis yaitu, batu palimanan kuning (cream palimo), batu palimanan putih (white palimo) dan batu palimanan emas (gold palimo). Batu ini merupakan batu yang agak lunak, padat dan memiliki tekstur pada permukaanya.

  1. Batu Cupang

Batu ini merupakan batu yang langka dan unik dengan warna merah mudanya. Batu ini termasuk kategori batu sandstone. Batu ini bisa memberi aksen pada fasad rumah jika dikombinasikan dengan batu lainya.

 

Post Comment