Setiap orang tentu memiliki rumah idaman yang ingin digunakan sebagai tempat tinggal bersama keluarga. Namun sering kali hambatan lahan dan mahalnya biaya pembangunan rumah tinggal sering menjadi penghambat keningin untuk memiliki rumah idaman. Pada dasarnya pembangunan rumah bisa dibangun secara bertahap menyesuaikan kondisi keuangan yang ada. Namun tentu ada aspek – aspek yang harus di perhatikan ketika ingin membangun rumah tinggal secara bertahap. Konsep membangun rumah ini sering dikenal dengan istilah rumah tumbuh.

Rumah tumbuh bisa diartikan rumah tinggal yang proses pembangunannya dilakukan secara bertahap menyesuaikan kondisi lahan dan keuangan yang ada. Pengembangan bisa dilakukan ke  secara horisontal (melebar) ataupun vertikal (meningkat). Hal ini tentu bisa membantu bagi mereka yang ingin memiliki rumah tinggal sesuai keingginannya tanpa di pusingkan dengan masalah lahan ataupun keuangan.

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika ingin membangun rumah tumbuh, antara lain :

  1. Perencanaan Yang Baik

Perencanaan ini berkaitan dengan desain rumah dan anggaran biaya membangun rumah. Untuk aspek desain yang harus diperhatikan adalah ketersidiaan lahan dan kostruksi bangunan. Jika lahan luas maka bisa di rencanakan untuk pengembangan horisontal. Namun jika lahan terbatas lebih baik direncanakan untuk pengembangan vertikal. Faktor struktur juga harus diperhatikan, jika direncanakan untuk membangun rumah tumbuh vertikal, maka struktur bangunan dari pondasi, kolom dan balok nya sudah direncanakan untuk bangunan meningkat vertikal.

Untuk rencana anggaran biaya yang harus juga diperhatikan adalah fakotr kenaikan harga material dan tenaga. Karena jika hal tersebut tidak diantisipasi, maka akan ada kesulitan ketika akan meneruskan pembangunan rumah tumbuh.

Jadi desain rumah dan rencana anggaran biaya harus sudah ada sejak awal pembangunan rumah tumbuh akan dimulai.

  1. Orientasi masa depan

Yang harus diperhatikan dalam perencanaan rumah tumbuh adalah aspek kebutuhan ruang yang bisa diakibatkan penambahan jumlah keluarga atau faktor lainnya. Selain itu fungsi bangunan juga harus diperhatikan,jangan sampai terjadi perombakan desain rumah ketika proses pembangunan berjalan. Karena hal ini bisa menyebabkan pembengkakan anggaran biaya.

Selain itu yang harus diperhatikan adalah regulasi dari pemerintah. Karena ketika membangun rumah tinggal tentu harus dibuat Izin Membuat Bangunan (IMB). Perhatikanlah perarturan dari pemerintah tentang konsep rumah tumbuh. Sehingga ketika pembangunan tidak terhambat akibat masalah regulasi dari pemerintah ini.

Post Comment