Cat dinding adalah salah satu hal penting untuk tampilan luar sebuah rumah tinggal. Cat yang bagus akan memberi kesan indah dan cantik pada sebuah rumah tinggal. Namun seiring berjalannya waktu dan perubahan cuaca cat dinding rumah akan mengalami pemudaran. Pudarnya warna cat rumah akan mempengaruhi tampilan rumah jadi tidak indah dan cantik lagi. Dan biaya untuk mencat dinding tentu tidaklah murah.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan cat dinding rumah yang tahan lama, diantaranya :

  1. Kebersihan dinding

Pastikan bahwa sebelum dilakukan pengecatan dinding dalam keadaan sehat. Yang dimaksud dalam keadaan sehat disini adalah dinding sudah bersih dari kotoran, debu dan tidak lembab. Dinding yang kotor dan berdebu akan menyebabkan cat tidak dapat menempel dengan bai ke dinding rumah. Selain itu pastikan juga bahwa dinding sudah tidak lembab lagi. Lembab di dinding biasanya berasal dari pekerjaan acian dinding yang belum kering. Karena pada dasarnya acian dinding itu bersifat basah, yang disebabkan karena acian adalah campuran semen dan air. Sehingga air yang terjebak didalam acian akan keluar karena adanya perbedaan suhu di dalam dinding dan diluar dinding. Ini bersifat alamiah karena air mempunyai sifat penguapan. Sehingga pastikan saja jarak waktu antara pekerjaan acian dengan pengecatan memiliki jarak yang cukup. Karena untuk penguapan air dari acian membutuhkan waktu sekitar 3 – 7 hari tergantung cuaca dan musim.

  1. Pakailah Cat Eksterior Yang Baik

Pilihlah cat eksterior yang tahan cuaca, jamur dan mudah dibersihkan. Cat eksterior biasanya mempunyai lapisan waterproofing. Pilihlah juga cat interior yang mempunyai umur yang lama. Biasanya untuk cat eksterior ada pilihan umur enam tahun dan dua belas tahun. Sebelum dinding di beri cat utama, dinding dilapisi dulu dengan cat dasar. Hal ini dimaksudkan agar daya lekat cat semakin baik dan mudah menutup luasan dinding. Sehingga akan lebih hemat dalam penggunaan cat.

  1. Waktu Pengerjaan

Waktu pengerjaan cat dinding yang baik adalah ketika kondisi cerah. Dengan cuaca yang cerah maka cat dinding akan cepat kering sehingga bisa melekat dengan kuat. Ketika mengecat pada waktu hujan maka cat akan luntur bersama tetesan air hujan.

 

Post Comment