Sebelum pengecatan, dinding harus di aci, plamir dan di beri cat dasar. Proses tersebut membutuhkan waktu dan material yang lebih lama dan banyak. Cat dasar berfungsi agar cat dinding bisa melekat dengan baik kepada dinding sehingga cat tidak mudah mengelupas dan pudar. Saat ini sudah ada produk yang bernama aci instan. Dengan menggunakan aci ini maka proses plamir dan cat dasar bisa dihilangkan. Karena aci instan ini berwarna putih seperti cat dasar.

Dengan menggunakan aci instan ini, maka waktu pengerjaan dan penggunaan material bisa lebih hemat dan cepat. Selain itu penggunaan aci instan ini bisa mengurangi resiko retak rambut pada dinding. Hal ini dkarenakan aci instan memiliki karakteristik yang mempunyai daya lentur tinggi dan proses pengeringan yang perlahan –lahan. Sehingga proses susut muai menjadi lebih lambat, dan hal tersebut akan mengurangi resiko retak rambut pada dinding.

Proses aplikasi aci instan ada tiga tahap, yaitu :

  1. Campur aci dengan air

Perbandingan antara air dan semen untuk aci instan adalah 1 : 2. Perbandingan ini memiliki arti 1 air dan 2 semen. Perbandingan yang lebih tinggi atau rendah, akan berpengaruh terhadap kualitas pekerjaan.

  1. Perhatikan kadar air pada dinding

Dinding yang akan diberi aci instan diusahakan pada kondisi yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah.

  1. Ratakan dan haluskan permukaan acian

Ratakan dan haluskan permukaan pada kondisi setengah kering. Proses meratakan dan menghaluskan ini bisa menggunakan stryofoam atau amplas.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan aci instan, antara lain :

  1. Perkirakan luas permukaan dinding yang akan diaci.
  2. Hitung kebutuhan adonan aci
  3. Lakukan pengacian per blok dinding. Jangan ada penyambungan acian pada satu blok dinding, karena akan terlihat tidak indah jika ada sambungan. Pertemuan aci lama dengan aci baru akan memberi kesan adanya sambungan
  4. Hindari menyimpan adoan acian terlalu lama
  5. Hindari mengaci terlalu tebal. Acaian yang tebal membuat tidak rapi dan rentan retak
  6. Jika ada plesteran yang terkelupas, lakukan perbaikan dulu sebelum dilakukan pengacian

 

Post Comment