4 Faktor Penyebab Membengkaknya Biaya Bangun Rumah

By | Mei 13, 2019

kontraktor jogja ~ Membangun rumah baru membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan  membeli rumah yang sudah huni. Namun dengan membangun rumah baru memberikan keleluasaan bagi anda untuk mendesain rumah sesuai kebutuhan dan yang anda inginkan..

Meskipun membangun rumah sendiri lebih banyak memberi keleluasaan dibanding dengan membeli rumah yang siap huni, ternyata untuk membangun rumah terkadang membutuhkan biaya yang cukup besar. Apalagi jika terjadi pembengkakan biaya yang sering kali tidak terduga. Namun, bukan berarti hal itu membuat anda harus menunda pembangunan karena takut dengan membengkaknya biaya. Untuk mengantisipasi pembengkakan biaya anda harus memperhatikan empat hal di bawah ini,yaitu :

Faktor Cuaca

Rumah merupakan kebutuhan primer sehingga seringkali kebutuhan akan rumah memang tidak bisa ditunda. Rumah memiliki fungsi untuk melindungi sekaligus tempat berteduh anda dan keluarga anda. Untuk membangun rumah terkadang dibutuhkan strategi yang tepat  dalam pembangunannya hal ini bertujuan agar pelaksanaan fisik bangun bisa tepat optimal secara biaya. Salah satu aspek yang terkadang diabaikan ketika membangun rumah adalah faktor cuaca. jasa kontraktor jogja

Pada waktu musim hujan untuk membangun rumah tentu membutuhkan perhatian yang lebih ekstra. Karena ketika awal pembangunan tentu saja belum ada penghalang dari cuaca hujan.  Sehingga untuk pengerjaan bagian luar ruangan, tenaga kerja tidak mungkin bekerja saat cuaca hujan. Akibatnya terjadi penundaan pekerjaan yang berakibat pada penambahan waktu pekerjaan. Dan paada saat ada penundaan seperti itu,  perlu memperhitungkan kembali jumlah uang untuk jasa tukang, biaya penyewaan alat, dan lain sebagainya.

Tidak Ada Acuan Biaya dan Material

Ketika membangun rumah anda membutuhkan rencana anggaran biaya (RAB). Di dalam Rab ini terdapat rincian biaya pekerjaan meliputi biaya material dan tenaga kerja. Selain itu di dalam rencana anggaran biaya juga terdapat spesifikasi material yang digunakan. Rencana anggaran biaya bisa menjadi alat kontrol untuk pengeluaran biaya material dan tenaga. Di awal pekerjaan spesifikasi material yang akan digunakan harus sudah anda pertimbangkan. Jangan sampai ketika prose pekerjaan pembangunan ada perubahan spesifikasi. Hal ini tentu saja akan memicu pembengkakan biaya pembangunan rumah anda.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah model rumah yang akan dibuat. Seringkali meskipun rumah yang dibuat kecil, namun memilik desain yang rumit. Model yang rumit bisa membuat adanya tambahan material. Tentu saja hal ini akan membuat bengkak biaya rumah. Namun bukan berarti hal tersebut membatasi kita untuk membuat rumah menjadi lebih indah. Namun kita tetap harus memperhatikan hal tersebut agar bisa sesuai dengan keinginan dan dana yang ada.

Mengabaikan Hal – Hal Kecil

Dalam pekerjaan pembangunan rumah tidak hanya menggunakan material yang besar – besar saja. Namun juga membutuhkan material –materal yang kecil dan habis pakai. Misalnya paku, papan cor, benang dan lain – lain. Material – material tersebut mungkin harganya murah, namun jika tidak dikontrol akan membuat biaya bangun rumah akan membengkak. Seperti pepatah sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit, sehingga kontrol terhadap penggunaan material sekecil apapun harus menjadi perhatian kita ketika membangun rumah.

Salah Memilih Tukang

Ketika menggunakan jasa tukang atau ahli bangunan, kita tentu berharap hasil yang didapat akan sesuai dengan keinginan kita. Untuk itu ketika akan menggunakan jasa tukang kita harus melihat track record tukang tersebut. Untuk mengetahui track rocerd tersebut, anda bisa mencari info melalui kerabat,tetangga atau teman yang pernah menggunakan jasa tukang tersebut. Jika tidak ada kerabat, teman atau tenagga yang bisa merekomendasikan, maka anda bisa meminta contoh hasil pekerjaan dari tukang tersebut. Dengan demikian anda bisa memiliki gambaran mengenai kualitas tukang yang akan kita pakai untuk membangun rumah. Tentu saja pengontrolan dari anda sebagai pemilik rumah juga sangat dibutuhkan.

Selain itu anda juga harus meminta garansi pekerjaan dari tukang yang akan kita pakai. Garansi pekerjaan adalah garansi dalam rentang waktu tertentu dimana jika ada kerusakan pada rumah, maka tukang tersebut masih bertanggungjawab untuk memperbaikinya. Rentang waktu garansi pekerjaan biasanya berkisar antara 30 – 90 hari setelah serah terima pakerjaan..

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, diharapkan nantinya pekerjaan rumah yang dibangun akan sesuai secara kualitas dan biaya. jasa bangun rumah jogja